PERKULIAHAN 12 (21 - 22 NOVEMBER) - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER (C31040319)

 

Caesar Chiper adalah algoritma kriptografi klasik yang dahulu digunakan oleh Julius Caesar untuk mengirimkan pesan rahasia atau taktik militer. Caesar Chiper disebut juga Sandi Geser sebab huruf-huruf dalam plainteks digantikan oleh huruf lainnya dalam posisi tertentu dalam susunan alfabet. Pada waktu itu, Julius menggeser sebanyak 3 huruf.

Ilmu yang secara khusus mempelajari pembuatan kode-kodean ini disebut dengan Kriptografi. Kalo lo nanti niat kuliah masuk jurusan Ilmu Komputer/IT, kalian bakal pelajarin ini sebagai mata kuliah wajib. Kriptografi (bahasa Yunani, “kriptos” – rahasia dan “graphein” – tulisan) adalah pembelajaran dan praktek cara-cara yang memungkinkan komunikasi yang aman (alias rahasia) dari pihak ketiga. Ada tiga komponen kode utama yang menjadi perhatian kita, yaitu

  1.   Pesan rahasia (plaintext) 
  2.   Kunci (key) dan 
  3.   Sandi (ciphertext)

Dalam dunia persandian klasik, ada dua tipe/cara utama untuk menciptakan/memecahkan sandi, yaitu substitusi dan transposisi. Pada tulisan ini, gue akan bahas sandi substitusi aja ya. Sandi substitusi mengubah satu huruf atau karakter di pesan (plaintext), menurut aturan kunci (key), menjadi karakter lain di sandi rahasia (ciphertext).

 

Sandi Caesar

Contoh paling simpelnya sandi substitusi adalah sandi Caesar. Sandi Caesar adalah sandi substitusi yang menggunakan kunci yang panjangnya 1 karakter doang (karakter diambil dari alfabet). Biasanya, para pihak yang terlibat udah sepakat dan sama2 tau kalo mereka bakal pake Sandi Caesar dengan kunci karakter tertentu untuk bertukar pesan rahasia.

  • ·  Pengirim pesan: punya pesan asli, tau kunci, tau pake Sandi Caesar. Dia gunain untuk menghasilkan sandi rahasia.
  • Penerima pesan: tau kunci, tau pake Sandi Caesar, tau sandi rahasia. Dia gunain buat memecahkan sandi rahasia untuk mendapatkan pesan asli.

 

Caesar Chipher 4:

 Diketahui : KUNCI= KEJUJURAN dan Pesan=SUMPAH PEMUDA

Tabel acuan

URUTAN

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O

P

Q

R

S

T

U

V

W

X

Y

Z

NILAI

0

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

+KUNCI

K

E

J

U

R

A

N

B

C

D

F

G

H

I

L

M

O

P

Q

S

T

V

W

X

Y

Z

 

 

 

Pesan (Plaintext)

SUMPAH PEMUDA

KUNCI

Misalkan kita gunakan KUNCI=KEJUJURAN sehingga huruf kunci yang digunakan KEJURAN

PESAN

S

U

M

P

A

H

P

E

M

U

D

A

Enskripsi tahap 1 :

 

Nilai huruf berdasarkan tabel

Sisipkan KUNCI dengan syarat penggunaan HURUF KUNCI PADA TABEL TIDAK BERULAN atau jumlah huruf alfabet tetap 26 karakter

Enskripsi tahap 2 :

 

Hasil konversi pada table acuan berupa pesan rahasia (chipertext)

Q

T

H

M

K

B

M

R

H

T

U

K

Deskripsi (pengembalian pesan) tahap 1 :

 

Nilai huruf berdasarkan tabel

18

20

12

15

0

7

15

4

12

20

3

0

Deskripsi tahap 2 :

 

Huruf dari pesan dilakukan konversi balik sehingga diperoleh pesan asli (plain text)

S

U

M

P

A

H

P

E

M

U

D

A

 

Komentar

Postingan Populer